Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Belajar Bahasa Arab Dasar Itu Mudah Kok

Sebelum belajar kosa kata bahasa arab, alangkah baiknya sobat mengenal dahulu bagaimana Belajar Bahasa Arab Dasar, sehingga dalam belajar bahasa arab nantinya akan lebih mengerti dan paham, dan yang terpenting sobat akan tertarik terus untuk belajar bahasa arab.

Belajar Bahasa Arab Dasar

Tahukah nggak sob? Bahasa Arab itu sangat unik dan istimewa lho. Itu karena, kata dasarnya mampu berubah menjadi 12 kata baru dengan makna yang berbeda (derivasi). Contoh sederhana kata فعل (telah bekerja) mampu berubah menjadi يفعل (sedang bekerja) mampu berubah menjadi فعلا (pekerjaan) begitu seterusnya sampai menjadi 12.

belajar bahasa arab dasarSelain itu bahasa Arab juga merupakan bahasa tertua yang jumlah kosa katanya menempati urutan terbanyak dari seluruh bahasa yang ada di dunia. Mengapa begitu? Karena bahasa arab memiliki akar sejarah yang amat panjang dan warisan peradaban yang paling banyak. Keunggulan bahasa Arab ada pada kekayaannya, pengertian-pengertian niskala (abstrak) dan ketepatan makna (semantic prescision) serta kemungkinan pembentukan kata turunan (derivation).

Belajar Bahasa Arab Dasar

Belajar bahasa arab tidak pernah terlepas dari kaidah kebahasaan, dalam hal ini bahasa Arab maka bebera ilmu tentang kaidah yang melekat pada bahasa arab adala Nachwu dan Sharaf. Penting untuk pemahaman bahasa arab secara mendalam mengenai sintaksis dan morfologi bahasa arab.

Bagi pemula, belajar bahasa arab dasar dilakukan dengan langkah sederhana yaitu dengan mempelajari kosa kata bahasa arab (mufradat) kemudian terapkan dalam keseharian. Tidak perlu terburu-buru mengetahui benar salahnya pada susunan kalimatnya karena belajar bahasa arab perlu dilakukan step by step, perkaya kosa kata dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pedoman penting dalam belajar bahasa arab adalah “ تكلم باللغة ولو قليلا ولو خطاء “ artinya “ bicaralah dengan bahasa arab walaupun sedikit dan masih salah”. Untuk mengimbanginya perlu belajar tentang pola kalimat dan perubahan kata disebabkan masuknya kata lain pada kalimat dalam ilmu Nachwu dan Sharaf.

Selanjutnya, pelajaran tentang kaidah bahasa arab perlu ditingkatkan untuk mempermudah memproduksi ujaran bahasa arab secara mudah dan tepat sesuai dengan kaidah yang berlaku. Lakukan latihan secara komprehensif dan menyeluruh untuk menguji kefahaman tentang kaidah yang dipelajari. Tetap meyakini bahwa tidak ada yang sulit jika kita masih berusaha. Jadi belajar bahasa arab tidak sulit bukan?

Begitu sob, jadi seperti itulah cara sederhana belajar bahasa arab dasar, semoga bermanfaat.
Author: Lukman Oim Title: Belajar Bahasa Arab Dasar Itu Mudah Kok Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Belajar Bahasa Arab Dasar Itu Mudah Kok

0 comments:

Post a Comment