Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Belajar Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja, Yuk

Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja - Bahasas Arab merupakan bahasa yang kompleks. Dilihat dari kosa katanya, bahasa arab memiliki kekayaan kosa kata yang luar biasa. Karena dari huruf, bunyi, kata, kalimat, istilah, satra, dan seluruh aspek bahasanya, tidak pernah mengalami perubahan dalam perjalanan sejarah.

Sebagaimana yang disebutkan oleh Imam As-Suyuthi dalam “Al-Mazhar”, jumlah kosa kata bahasa arab mencapai 78.031.312. Az-zabidy menyebutkan dalam “Tajul ‘Arus”, bahasa arab memiliki kosa kata sebanyak 6.746.000.

Salah satu faktor keaslian bahsa arab adalah system gramatikalnya yang kompleks, detail, dan komprehensif. Dimana terdapat rumus-rumus baku, klasifikasi sistematis, dan penjelasan lengkap tentang setiap penggunaan dan makna huruf, kata dan kalimat bahasa arab.

Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja

Dalam belajar bahasa arab stidaknya perlu memahami jenis-jenis kata. Semua kata dalam bahasa arab terbagi menjadi 3 jenis, sedangkan dalam bahasa Indonesia kita sering mendengar istilah kata kerja, kata benda, kata bantu, kata tanya, kata hubung dan penamaan kata yang lainnya. Di dalam bahasa arab, seluruh kata akan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kata kerja (فعل), kata benda (اسم), huruf (حرف).

Secara sederhana kita bisa mengatakan bahwa fi'il (فعل) adalah kata kerja, meskipun pada pelajaran yang lebih lanjut nantinya kita akan mengenali tidak semua fi'il kata kerja. Tetapi seluruh kata kerja sudah pasti fi'il.

Definisi fi'il (فعل) adalah kalimatun dallat 'ala ma'na fii nafsiha waqtaronat bi zaman (fi'il adalah kata yang mengandung sebuah makna yang berkaitan dengan waktu kejadian). Jadi fi'il merupakan suatu kata yang mengandung sebuah makna yang berkaitan dengan waktu kejadian, sehingga terdapat keterangan waktu di dalamnya.

Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja

kosa kata bahasa arab kata kerjaFi'il (kata kerja) dalam bahasa arab terbagi lagi menjadi 3; fi'il madhi, fi'il mudhori, fi'il amr. Fi'il madhi adalah kata kerja untuk masa lampau, artinya untuk perbuatan yang telah dilakukan masa lalu atau kalau kita pernah belajar bahasa inggris, fi'il madhi adalah past tense, contohnya ذَهَبَ (dzahaba) artinya telah pergi. Berkut contoh mufradat bahasa arab yang termasuk jenis fi'il madhi dalam bentuk kalimat:

ذَهَبَ اَحْمَدُ إِلىَ الْمَدْرَسَةِ (Ahmad pergi ke sekolah)

قَرَأَ فُرْقَانُ الْكِتَابَ (Furqan membaca buku)

كَتَبَ خَالِدُ الرِّسَالَةَ (Khalid menulis surat)

Nah, begitulah sedikit pengetahuan tentang Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja. Jangan lupa untuk mempraktekannya.. semoga bermanfaat.
Author: Ziyadatun N Title: Belajar Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja, Yuk Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Belajar Kosa Kata Bahasa Arab Kata Kerja, Yuk

0 comments:

Post a Comment