Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Anak

Bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci dan tuntunan agama Islam se-dunia, maka tentu saja merupakan bahasa yang paling signifikan bagi ratusan juta muslim sedunia, baik yang berkebangsaan Arab maupun bukan.

Bahasa Arab

Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahasa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.

Bahasa arab merupakan bahasa yang istimewa. Salah satu keistimewaanya adalah Susunan kata bahasa Arab tidak banyak. Kebanyakan terdiri atas susunan tiga huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman dan pengucapannya. Keistimewaan bahasa Arab lainnya adalah kekayaan dalam jumlah perbendaharaan kata. Mungkin karena usianya yang sudah tua namun masih digunakan hingga hari ini, sehingga penbendaharaan kata di dalam bahasa Arab menjadi sangat besar.

Belajar Bahasa Arab

Oleh karena itu belajar bahasa arab sangat dianjurkan seperti yang diungkapkan oleh Ulama Besar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Belajar Bahasa Arab untuk Anak

Setiap orang pasti sudah mempelajari bahasa sejak usia dini, dalam hal ini bahasa ibu. Karena Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Anak dapat mengembangkan kemampuan sosialnya melalui berbahasa. Keterampilan bergaul dalam lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Melalui bahasa, anak dapat mengekspresikan pikiran, sehingga orang lain memahaminya dan menciptakan suatu hubungan sosial. Jadi, tidaklah mengherankan bahwa bahasa dianggap sebagai salah satu indikator kesuksesan seorang anak.

Pengenalan bahasa asing untuk anak sangat dianjurkan mengingat bahasa asing utamanaya bahasa Arab adalan bahasa yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Untuk itu belajar bahasa Arab bagi anak sangatlah penting. Belajar bahasa arab pada anak dapat dimulai dengan pengenalan huruf hijaiyyah.
huruf hijaiyyah, huruf arab

Selanjutnya anak bisa dilatih untuk membaca huruf-huruf hijaiyyah.
huruf hijaiyyah, huruf arab


Apabila sudah mahir dalam membaca huruf yang berharakat, anak bisa dilatih membaca kata.
sapi : بَ قَ رَ
membaca : قَ رَأَ
sujud : سَ جَ دَ
membuka : فَ ثَ حَ
masuk : دَ خَ لَ
keluar : خَ رَ جَ
pohon : شَ جَ رَ
belajar : دَ رَ سَ


Nah, seperti itu tips cara mudah belajar bahasa Arab untuk anak anak. Semoga mudah dipelajari dan bermanfaat untuk semuanya.
Author: Ziyadatun N Title: Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Anak Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Anak

0 comments:

Post a Comment