Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Belajar Angka Dalam Bahasa Arab dan Terjemahanya

Belajar angka bahasa arab 1-100 lengkap dengan kaidah dan cara membacanya, yuk kita simak penjelasan berikut ini.
Bahasa Arab memiliki keunikan terutama dalam hukum bilangan. Peraturan dalam membilang angka berbasa arab setidaknya perlu memperhatikan 4 hal yaitu: Hukum Mudzakkar&Muannatsnya, Hukum Tamyiznya/Ma’dudnya dan Hukum I’robnya. Empat hal yang mendasari hukum bilangan 1-3 (satu-tiga), 4-9 (empat-sembilan), 11-19 (sebelas-sembilan belas), puluhan (20,30,40 dst) dan ratusan serta ribuan. Selebihnya lihat pada tabel berikut :


عَدَد

'ADAD (BILANGAN)


Mula-mula, anda harus mengafalkan sepuluh bentuk dasar dari 'Adad (Bilangan):


1 وَاحِدٌ 6 سِتُّ
2 اِثْنَانِ 7 سَبْعُ
3 ثَلاَثُ 8 ثَمَانِي
4 أَرْبَعُ 9 تِسْعُ
5 خَمْسُ 10 عَشْرُ


Dalam penggunaannya, bentuk-bentuk dasar 'Adad dalam bahasa arab akan mengalami sedikit perubahan dengan ketentuan sebagai berikut:
Bilangan 1 (وَاحِدٌ) terletak di belakang Isim Mufrad dan bilangan 2 (اِثْنَانِ) terletak di belakang Isim Mutsanna. Bila Isim yang dibilangnya itu adalah Muannats maka bentuknya pun menjadi Muannats. Contoh:
ISIM MUDZAKKAR ISIM MUANNATS
قَلَمٌ وَاحِدٌ = sebuah pena مَجَلَّةٌ وَاحِدَةٌ = sebuah majalah
قَلَمَانِ اثْنَانِ = 2 buah pena مَجَلَّتَانِ اثْنَتَانِ = 2 buah majalah

Penggunaan Bilangan Disesuai Dengan Mudzakar dan Muanastnya


Bilangan 3 sampai 10 terletak di depan Isim Jamak. Bila Isim Jamak tersebut adalah Mudzakkar maka bentuk 'Adad-nya adalah Muannats, sedang bila Isim Jamak tersebut adalah Muannats maka bentuk 'Adad-nya adalah Mudzakkar:
Adapun bilangan belasan (11 sampai 19) terletak di depan Isim Mufrad (Isim Tunggal) meskipun jumlahnya adalah jamak (banyak). Perhatikan pola Mudzakkar dan Muannatsnya serta tanda baris fathah di akhir setiap katanya:

Bentuk Pola Bilangan Puluhan


Bilangan 20, 30, 40, dsb bentuknya hanya satu macam yakni Mudzakkar, meskipun terletek di depan Isim Mudzakkar maupun Muannats. Contoh:
Angka satuan dalam bilangan puluhan, disebutkan sebelum angka puluhannya; dan perubahan bentuk (Mudzakkar atau Muannats) angka satuan tersebut mengikuti perubahan bentuk Isim yang dihitungnya dengan pola seperti berikut:



Bentuk Pola Bilangan Ratusan dan Ribuan

Bilangan ratusan dan ribuan terletak di depan puluhan dan satuannya.



Pola Bilangan Bertingkat

Adapun bilangan bertingkat (pertama, kedua, ketiga, kesepuluh, dan seterusnya) mengalami sedikit perubahan bentuk sebagai berikut:



Bentuk Bilangan Bertingkat Sesuai Mudzakar dan Muanastnya

Bila digunakan dalam bentuk kalimat, memiliki bentuk Mudzakkar dan Muannats yang mengikuti Isim Mudzakkar dan Muannats yang di depannya:

Untuk bilangan bertingkat di atas 10 (kesebelas, keduapuluh, dst) maka hanya angka satuannya saja yang mengikuti perubahan bentuk seperti di atas. Contoh:

Agar lancar menyebut angka dengan Bahasa Arab, anda harus sering membaca setiap angka yang anda temukan dengan menggunakan Bahasa Arab.


Author: Ziyadatun N Title: Belajar Angka Dalam Bahasa Arab dan Terjemahanya Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Belajar Angka Dalam Bahasa Arab dan Terjemahanya

0 comments:

Post a Comment