Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Kitab Nahwu Untuk Belajar Bahasa Arab Pemula

Shobahal khayr, sudah belajar bahasa Arab hari ini ? Ayo yang sedang mencari refrensi untuk belajar bahasa Arab silahkan simak penjelasan berikut ini ya. Siapa tahu  buku ini cocok untuk yang ingin lebih pandai berbahasa Arab ya sobat.

Kitab Nahwu adalah kitab atau buku pendamping dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya belajar tentang kaidah bahasa. oleh karenanya seseorang yang mempelajari bahasa Arab harus mempelajari ilmu nahwu bersamaan dengan mempelajari bahasa Arab. Melalui kitab nahwu seseorang dapat memahami kaidah-kaidah bahasa yag erat kaitanya dalam ilmu tata bahasa. Kitab Nahwu banyak jenisnya disesuaikan dengan kelengkapan isinya. Tetapi dalam hal ini kita akan sedikit mengupas isi dari kitab Nahwu Wadhih yang lebih cocok untuk pemula.

Kitab Nahwu Wadhih merupakan salah satu buku panduan belajar bahasa Arab dalam mempelajari ilmu gramatikal bahasa yaitu ilmu Nahwu. Hal itu terlihat jelas dari nama judul bukunya. Judulnya memberikan gambaran singkat akan isi dari buku tersebut. Terjemahan judul buku tersebut ( النَّحْوُ الوَاضِحُ ) adalah "an-nahwu (contoh) yang jelas". Dan terbukti, judul bukunya sesuai dengan isinya.

Buku yang sangat populer ini sudah banyak digunakan di lembaga-lembaga yang notabene mengajarkan materi bahasa Arab, seperti sekolah-sekolah Islam Swasta atau pondok-pondok pesantren.

Buku ini cocok digunakan sebagai materi ajar di lembaga pendidikan formal, karena memang sengaja disusun untuk materi kurikulum sekolah. Di negara asalnya (Mesir), buku ini diajarkan pada tingkat sekolah dasar. Karena isinya disesuaikan untuk pemula yang mempelajari bahasa Arab.

Buku ini ditulis oleh dua pakar bahasa asal Mesir, yaitu DR. Ali Al-Jarimi dan DR. Musthafa Amin. Buku Nahwu Wadhih ini adalah kitab yang ringan bahasanya namun berat muatan materinya. Sebuah kitab yang memberikan perkenalan dan gambaran umum tentang tata bahasa Arab.

Gambar 1 

Kitab Nahwu Wadhih ini adalah jenis kitab berseri, buku seri dengan jumlah buku 3 jilid. Buku ini bagus digunakan untuk pelajar pemula yang baru belajar bahasa Arab dan ingin menguasai kaidah-kaidah dasar bahasa Arab.

Materi dalam buku ini disusun dengan cara yang sangat sistematis, setiap bab pembahasan selalu diawali dengan contoh-contoh kalimat kaidah yang akan dipelajari (Gambar 1), lalu penyebutan kaidah bab tersebut (Gambar 2), dan kemudian dilanjutkan dengan latihan-latihan (Gambar 3). Sehingga, bagi yang memepelajari buku ini diharapkan dapat memeahaminya dengan mudah. 




Gambar 2 


Jika Anda baru mendalami bahasa Arab, terutama ilmu gramatikalnya, maka buku ini bisa menjadi salah satu refrensi Anda. Tapi saya tidak menyarankan Anda mempelajari buku tersebut secara otodidak, Anda harus membutuhkan guru pendamping ketika mempelajarinya. Dikhawatirkan jika mempelajarinya sendiri terdapat kesalahfahaman atau ketidak jelasan.



Gambar 3 

Jika Anda berkeinginan memiliki buku ini, Anda bisa membelinya di toko-toko buku Islam, baik yang online maupun offline. Harga kitab An-Nahwu Al-Wadhih ini sangat terjangkau. Bagi pemula yang belajar bahasa Arab bisa menggunakan buku ini sebagai refrensi dalam memperluas pengetahuan tentang ilmu nahwu. 

Semoga tulisan ini bisa memberi anda gambaran dalam memilih refrensi untuk belajar bahasa Arab. Jangan lupa untuk selalu belajar bahasa Arab dimanapun anda berada.


Syukran Jazilan Wa jazaakumullahu khairan..
Author: Ziyadatun N Title: Kitab Nahwu Untuk Belajar Bahasa Arab Pemula Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Kitab Nahwu Untuk Belajar Bahasa Arab Pemula

0 comments:

Post a Comment