Mari Belajar Bahasa Arab & Kosa Katanya

Misi Dakwah Islami Nabi Muhammad SAW

Dikesempatan kali ini, saya akan menceritakan Misi Dakwah Islam Nabi Muhammad. Sudah pernah dengar cerita itu? Nah. kalau belum simak pembahasan saya berikut ini.

Sebagai Nabi akhir zaman, peran Nabi Muhammad SAW sangatlah sempurna, tidak hanya sebagai negarawan, tetapi peranya sebagai pemimpin umat dan penyebar agama. Tak habis digali dan didiskusikan oleh seluruh umat manusia karena pribadi beliau yang lengkap, sehingga hampir seluruh dimensi kehidupannya telah di kupas dan dikaji. Ini bisa kita lihat betapa banyaknya literatur yang akan kita temukan seputar kehidupan Beliau sejak kanak-kanak hingga dewasa. Beliau adalah menjadi utusan Allah SWT yang terakhir sebagai pembawa kebaikan dan kemaslahatan bagi seluruh umat manusia. Michael Hart dalam bukunya, The 100 a Ranking of the Most Influential Person in History yang diterjemahkan oleh Mahbub Djunaidi menempatkan Beliau sebagai orang nomor satu dalam daftar seratus orang yang memiliki pengaruh yang besar dalam sejarah. Kata Hart, "Muhammad SAW terpilih untuk menempati posisi pertama dalam urutan seratus tokoh dunia yang paling berpengaruh, Karena Beliau merupakan satu-satunya manusia yang memiliki kesuksesan yang paling hebat di dalam kedua bidang-bidang sekaligus : agama dan bidang duniawi".

Hal lain yang juga memperkuat kebenaran risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW adalah dampak dari dakwahnya, Dakwahnya yang telah dapat mengubah sebuah peradaban yang terbelakang, buta aksara, dan kejam, menjadi pemimpin dan menguasai peradaban dunia serta mengisinya dengan gabungan antara ketinggian ilmu pengetahuan dan akhlak yang belum dapat ditandingi oleh peradaban modern saat ini sekalipun. Di antara karya Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat alam semesta alam ini adalah sebagai berikut.
  1. Memusnahkan segala jenis syirik, baik yang besar (menyembah berhala, sihir, ramal, dan sebagainya) maupun kecil (sumpah bukan dengan nama Allah, riya', dan sebagainya); dan menggantinya dengan keimanan yang total kepada Allah SWT.
  2. Memusnahkan segala adat tradisi jahiliah yang menyimpang, seperti membuka aurat, berkhalwat dengan lawan jenis, campur baur lelaki dan wanita (ikhtilath), dan sebagainya; dan menggantinya dengan akhlak yang mulia dan tuntunan moral yang luhur.
  3. Menegakkan sebuah sistem kehidupan yang seluruhnya berdiri di atas tauhid, baik ekonomi, politik, sosial, kemasyarakatan, seni, olahraga, dan lain-lain.
  4. Melakukan sebuah revolusi total terhadap hati sanubari, pemikiran, dan peraturan hidup umat manusia. 
  5. Mempersatuka semua ras, semua suku, semua golongan manusia di bawah sebuah sistem yang berlandaskan tauhid, berhukumkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dan bertujuan akan kebaikan dunia dan akhirat. 
Misi Dakwah Islami Nabi Muhammad SAW

Ketika kita beriman kepada Nabi Muhammad SAW, maka kita akan mengetahui bahwa risalah Beliau adalah risalah yang paling lengkap dan paling sempurna yang pernah diturunkan oleh Sang Pencipta kepada hamba-Nya. Karena Nabi Muhammad SAW adalah nabi penutup, maka risalahnya adalah risalah yang terakhir dan syariatnya akan berlaku hingga akhir zaman. Tiada agama yang diridhai di sisi Allah swt. Kecuali islam, dan tidak ada Nabi yang membawa syariat lain setelah Nabi Muhammad SAW.

Kehadiran Nabi Muhammad SAW. Dengan membawa agama islam di tengah-tengah peradaban umat manusia memberikan hikmah yang sangat besar bagi manusia dan dunia pada umumnya. Sebelum kedatangan islam, bangsa Arab tidak pernah merasakan keamanan dan kedamaian. Perampokan dan pembunuhan hampir setiap hari menghiasi kehidupan mereka. Perzinaan juga merupakan suatu hal yang biasa. Seorang perempuan yang sudah resmi menjadi seorang istri diizinkan oleh suaminya untuk berhubungan dengan laki-laki lain untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik. Dari gambaran singkat seperti di atas, para sejarawan mencatat bangsa Arab pada waktu itu (sebelum islam) berada pada lembah kegelapan yang jauh dari nilai-nilai kebenaran. Dengan kata lain, mereka berada dalam kebodohan. Karena itu jaman mereka disebut jaman jahiliah.

Nabi membangun suatu persaudaraan antar bangsa dan suku yang mempersatukan antara yang tinggi dan yang rendah, yang kaya dan yang miskin, yang berkulit putih dengan yang berkulit hitam, dan seterusnya.

Dari semua yang diuraikan di atas, Jelaslah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang pembaharu terbesar yang pernah dilahirkan di dunia ini. Bangsa Arab yang semula merupakan bangsa jahiliah beranjak menjadi bangsa yang maju dan sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Berkat kehadiran Nabi Muhammad SAW. Bangsa Arab khususnya dan umat islam pada umumnya menjadi umat yang maju, sejahtera, dan penuh cinta damai.

Beliau juga merupakan rahmat atau karunia bagi jaga rakyat ini. Dalam Al-Quran menyatakan; "Kami mengutusMu  tidak lain adalah menjadi rahmat bagi seluruh alam". (QS. Al-Anbiya' (21): 107).
Rahmat Nabi Muhammad SAW, tidak hanya dirasakan oleh satu umat tertentu, agama tertentu, atau suku tertentu, tetepi siapa pun dapat merasakan rahmat ini. Dunia benar-benar bersinar dengan rahmat Nabi ini. Berawal dari Jazirah Arab sinar dan cahaya islam (kerahmatan) terus merambah ke daerah-daerah sekitarnya hinnga menjangkau ke setiap jengkal permukaan bumi ini.

Itulah pembahasan saya mengenai Misi Dakwah Islam Nabi Muhammad, semoga bermanfaat bagi semuanya dan bisa kalian fahami. 
Author: Ziyadatun N Title: Misi Dakwah Islami Nabi Muhammad SAW Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
kosakata-bahasaarab
Tags :

Populer Lainnya : Misi Dakwah Islami Nabi Muhammad SAW

0 comments:

Post a Comment